Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan
Manfaat buah mangga bagi kesehatan sungguh beragam, buah mangga yg yang memiliki nama latin Magnifera Indica sudah banyak dikenal dan tidak asing lagi di telinga kita, buah mangga tumbuh dengan baik di daerah yang beriklim tropis , dimana suhu lingkungan cukup panas seperti di dataran rendah , walaupun buah mangga juga juga dapat tumbuh di daerah dengan ketinggian lebih dari 600 mdpl. Budidaya buah mangga pertama kali dilakukan di India, namun kini buah mangga sudah menyebar luas ke seluruh dunia, tercatat hingga kini sudah ada lebih dari 2000 varietas buah mangga.


Kandungan dan manfaat buah mangga bagi kesehatan
 
Buah mangga mengandung zat- zat yang yang sangat penting untuk kesehatan, antara lain

  1. karbohidrat
    Meskipun buah mangga memiliki varietas bentuk,warna, dan rasa namun dalam hal kandungan gizi, semuanya hampir tidak jauh berbeda. Kandungan air di dalam buah mangga ranum segar kurang lebih sekitar 82%, kalori 73 kal per 100 gram dan kadar vitamin c  sebesar 41 mg, sedangkan pada mangga muda , tiap 100 gram mengandung air lebih kurang 84%, kalori sebesar  66 kal dan kadar vitamin c sebesar 65 mg
  2.  antioksidan
    Beberapa penelitian yang dilakukan  menunjukkan bahwa buah mangga mengandung  beta karoten. Beta karoten adalah zat yang didalam tubuh akan diubah menjadi vitamin a, beta karoten termasuk anti oksidan, yaitu senyawa yang mampu memberikan perlindungan terhadap kanker karena dapat menetralkan radikal bebas. Para ahli meyakini mangga adalah sumber karotenoid yang disebut beta crytoxanthin, yaitu bahan penumpas kanker yang baik.
  3. vitamin
    Manfaat buah mangga bagi kesehatan selanjutnya adalah vitamin c. buah mangga memiliki kadar vitamin c yang cukup tinggi,  tiap 100 gram mangga masak mengandung vitamin c sebesar 41 mg, bahkan pada mangga muda kandungannya mencapai 65 mg. vitamin c berfungsi menjaga kesehatan gigi dan gusi , serta meningkatkan aktifitas kapiler. Dalam konteks lain vitamin c membantu penyerapan zat besi dan menghambat produksi natrosamin (zat pemicu kanker)
  4.  kalium

Di dalam buah mangga juga terkandung kalium dengan kadar yang cukup tinggi sekitar 189 mg /100 gr. Kalium berfungsi menjaga keteraturan denyut jantung, penting untuk kontraksi otot, dan menjaga tekanan darah, kalium juga bersifat antagonistis terhadap natrium, dimana dengan mengkonsumsi sejumlah kalium yang cukup maka dapat mempengaruhi pengaruh natrium terhadap tekanan darah. Kalium juga berkontribusi terhadap penurunan resiko karena stroke. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jika seseorang menambahkan sepotong buah tinggi kalium ke dalam pola makan sehari-hari, maka resiko terkena stroke fatal dapat dikurangi sebesar 40%. Buah mangga juga mengandung riboflavin yang bermanfaat untuk kesehatan mata , mulut, dan tenggorokan
Berdasarkan pengalaman empiris , buah mangga memiliki khasiat dalam menyembuhkan berbagai penyakit antara lain : radang saluran napas, radang kulit, gejala flu, asma, gangguan penglihatan, dan gusi berdarah.
Khusus untuk radang kulit , kulit mangga dapat dibuat ramuan untuk membantu mengurangi proses peradangan. Ramuan tersebut dibuat dengan cara merebus kulit buah mangga sebanyak 150 mg hingga mendidih. Air rebusan kulit mangga ini kemudian digunakan untuk mencuci bagian kulit yang mengalami sakit atau peradangan, ramuan ini juga dapat digunakan untuk mengatasi penyakit eksim.

Untuk mengurangi gejala flu , daging buah mangga sebanyak 200 gram direbus bersama 10 gram jahe, dan dua batang daun bawang putih di dalam 500cc air hingga air berkurang setengahnya, air rebusan tadi disaring dan diminum ketika masih hangat.

Demikianlah ulasan singkat mengenai manfaat buah mangga bagi kesehatan, semoga ulasan singkat ini bisa menambah wawasan kita, dan kita semakin mengerti ternyata buah mangga memiliki manfaat yang sangat penting bagi kesehatan kita.

Anda sedang membaca postingan dari Blog Resep Herbal Hembing,silahkan share jika anda merasa artikel ini bermanfaat