Obat Herbal Mengobati Abses

obat herbal absesAbses merupakan kumpulan nanah (neurotrofil yang sudah mati) yang terakumulasi di sebuah kavitas jaringan karena adanya proses infeksi (biasanya oleh bakteri atau parasit) atau karena adanya benda asing ( misalnya serpihan, luka peluru, atau jarum suntik). Proses ini merupakan perlindungan oleh jaringan untuk mencegah penyebaran/perluasan infeksi ke bagian lain dari tubuh.
Organisme atau benda asing membunuh sel-sel lokal yang pada akhirnya menyebabkan pelepasan sitoksin. Sitoksin tersebut memicu sebuah respon inflamasi (peradangan) yang menarik kedatangan sejumlah besar sel-sel darah putih ke area tersebut dan meningkatkan aliran darah setempat.



Struktur akhir dari sebuah abses adalah terbentuknya suatu dinding abses atau kapsul oleh sel-sel sehat di sekeliling abses sebagai upaya untuk mencegah nanah menginfeksi struktur lain di sekitarnya. Meskipun demikian seringkali proses enkapsulasi tesebut justru cenderung menghalangi sel-sel imun untuk menjangkau penyebab peradangan dan melawan bakteri-bakteri yang terdapat dalam nanah.

Karena abses merupakan manifestasi sebuah peradangan maka akan diikuti tanda atau proses inflamasi seperti kemerahan (rubor), panas (calor), pembengkakan (tumor), rasa nyeri (dolor), dan hilangnya fungsi. Abses dapat terjadi pada setiap jaringan solid, tetapi sering terjadi pada permuakaan kulit, pada paru-paru, otak, gigi, ginjal, dan tonsil. Komplikasi mayor abses adalah penyebaran abses ke jaringan sekitar atau jaringan yang jauh dan kematian jaringan setempat yang ekstensif.

Abses tidak memiliki aliran darah, sehingga pemberian antibiotik biasanya sia-sia. Antibiotik diberikan setelah abses mengering, hal ini untuk mencegah kekambuhan. Antibiotik juga diberikan jika abses menyebarkan infeksi ke bagian tubuh lainnya.
baca juga alergi dan obat herbal nya

obat herbal untuk abses

obat herbal untuk abses memanfaatkan tanaman tanduk rusa, tanduk rusa adalah tanaman jenis paku-pakuan yang tergabung dalam marga platycerium, tumbuhan ini memiliki ciri khas karena memiliki 2 tipe ental dengan fungsi dan bentuk yang jelas berbeda, dengan salah satu bentuk entalnya bercabang-cabang seperti tanduk rusa. Tumbuhan tanduk rusa ini dijumpai tumbuh liar di berbagai penjuru daerah tropic dan subtropik di seluruh dunia.


tanaman tanduk rusa


Ramuan obat herbal untuk mengobati abses dengan menggunakan tanaman tanduk rusa

Cara membuat : 1 lembar daun tanduk rusa ,1 siung bawang merah, dan adas pulowaras ketiganya ditunbuk sampai halus,

Cara penggunan : setelah campuran bahan tadi ditumbuk hingga halus gunakan untuk mengompres bagian yang bengkak, lakukan secara rutin setiap hari sampai bengkak menghilang.

Demikian tadi ulasan singkat tentang penyakit abses dan pemanfaatan tanduk rusa untuk mengobatinya, semoga ulasan singkat tadi bisa bermanfaat.


Anda sedang membaca postingan dari Blog Resep Herbal Hembing,silahkan share jika anda merasa artikel ini bermanfaat