Manfaat Daun Dewa Bagi Kesehatan

daun dewa untuk kesehatan
Daun dewa (Gynura segetum (lour) Merr) termasuk tumbuhan tahunan dengan ciri-ciri tegak, tinggi sekitar 50 cm, sering ditanam di pekarangan sebagai tanaman obat. Batang muda berwarna hijau dengan alur memanjang warna tengguli, bila agak tua bercabang banyak. Daun tunggal, mempunyai tangkai, bentuk bulat telur, sampai bulat memanjang, ujung melancip. Daun  tua membagi sangat dalam, daun banyak berkumpul di bawah, agak jarang pada ujung batang, letak berseling. Kedua permukaan daun berambut lembut, warna putih, panjang daun 8-20cm lebar 5-10cm.


Kandungan tanaman daun dewa      
Sifat kimiawi dan efek farmakologis dari daun dewa adalah netral, rasa khas. Anti coagulant, mencairkan bekuan darah, stimulasi sirkulasi, menghentikan pendarahan. Daun dewa sendiri mengandung saponin, minyak atsiri, dan flavonoid.

Manfaat daun dewa bagi kesehatan
Daun dewa sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman obat sejak zaman nenek moyang, beragam penyakit dapat diobati dengan mengkonsumsi tanaman daun dewa, berikut manfaat tanaman daun dewa untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

    Manfaat tanaman daun dewa untuk Mengobati penyakit stroke
Sediakan 30 gram umbi daun dewa, cuci bersih, lalu kering dan anginkan. Tumbuk sampai halus, ambil 1 sendok teh bubuk umbi daun dewa, lalu campur dengan 5 buah butir ginko, seduh dalam segelas air tambahkan sedikit madu, kemudian minum ramuan ini.
baca juga atasi kolesterol dengan cara alami ini

·         Manfaat tanaman daun dewa sebagai obat reumatik
Ambil 30 gram tanaman daun dewa yang segar, cuci bersih lalu direbus. Lumatkan dan peras dengan diberi sedikit air, minum setiap hari ramuan ini untuk mengobati penyakit reumatik.

·         Manfaat tanaman daun dewa untuk mengobati penyakit jantung
Ambil 10 gram umbi tanaman daun dewa yang masih segar, tumbuk halus lalu tambahkan air setengah gelas, saring airnya dan minum ramuan ini setiap sore hari.

·         Manfaat tanaman daun dewa untuk mengobati kencing manis
Ambil 5 helai daun tanaman daun dewa yang masih segar, seduh dengan 110cc air, minum sehari sekali sebanyak 100cc

·         Manfaat tanaman daun dewa untuk mengobati luka bakar dan luka teriris
Siapkan 15 gram daun tanaman daun dewa, rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa separuhnya. Minum airnya dalam keadaan dingin.

Demikian ulasan singkat mengenai manfaat dari tanaman daun dewa, semoga ulasan singkat ini bisa menambah pengetahuan kita tentang manfaat tanaman daun dewa, dan bermanfaat bagi kita dalam kehidupan sehari-hari.



Anda sedang membaca postingan dari Blog Resep Herbal Hembing,silahkan share jika anda merasa artikel ini bermanfaat