Cara Alami Mengobati Kolesterol Tinggi

Kolesterol, belakangan kata-kata ini menjadi akrab di telinga kita, kolesterol sering dikait-kaitkan dengan berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh kita, dari mulai stroke, darah tinggi, kanker, obesitas selalu dikait-kaitkan dengan kolesterol, padahal kolesterol sendiri sebenarnya bukan merupakan sebuah penyakit dan setiap orang bahkan memiliki kolesterol dalam jumlah tertentu , kalau kolesterol sendiri memang ada dalam tubuh setiap orang, mengapa kolesterol sering disebut-sebut sebagai penyakit, berikut adalah ulasan sedikit mengenai kolesterol semoga bermanfaat.


Kolesterol adalah zat berlemak yang  ditemukan pada setiap sel tubuh manusia, lemak ini berwarna kekuningan seperti lilin yang diproduksi oleh tubuh manusia maupun yang didapat dari konsumsi makanan kita sehari-hari . dalam tubuh kolesterol berfungsi untuk membuat hormom seks, hormone korteks ordenal, vitamin d, dan untuk membuat garam empedu yang membantu usus untuk menyerap lemak.
Meskipun bermanfaat namun jumlah kolesterol yang berlebihan tidak baik , bahkan bisa berbahaya bagi kesehatan , kolesterol yang berlebihan bisa menempel di pembuluh darah  sehingga pembuluh darah menyempit dan aliran darah tidak lancar  inilah yang menjadi penyebab kolesterol menjadi salah satu penyebab berbagai macam penyakit seperti jantung, stroke, dan hipertensi atau darah tinggi dan tentu saja kolesterol yang dimaksud disini adalah kolesterol jahat  atau kolesterol ldl. Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160 – 200 mg.  kolesterol tidak hanya mengincar orang tua saja, nyatanya anak – anak pun bisa terkena serangan kolesterol , hal ini dikarenakan asupan makanan yang tidak terjaga seperti konsumsi makanan yang berlemak seperti gorengan, jeroan, daging kambing, susu, dan masih banya lagi.
Ketika konsumsi makanan yang berlemak tadi melebihi batas normal maka akan memicu kadar kolesterol ldl yang tinggi dalam tubuh yang akan menimbulkan penyumbatan darah yang tentu saja memicu penyakit seperti jantung ataupun stroke.
Cara alami menurunkan kolesterol
Ketika anda sudah didiagnosa mempunyai kadar kolesterol yang diatas batas normal, maka sebaiknya mulai menjaga pola makan dan  pola hidup anda dan mulai menerapkan pola hidup sehat. Adapun tiga cara mudah dalam menurunkan kolesterol secara alami yaitu:
 Memilih makanan sehat . Pilih Makanan Sehat Konsumsi makanan sehat mutlak diperlukan, karena asal mula kolesterol tinggi pada seseorang adalah berasal dari makanan. Jadi kita harus selektif dalam hal memilih makanan yakni yang dapat menjaga kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Berikut makanan yang dapat membantu Anda menurunkan kolesterol: Buah-buahan dan sayuran. Buah-buahan dan sayuran kaya akan serat makanan, yang berperan memperlancar pencernaan dan dapat membantu menurunkan kolesterol. Serat akan mengikat lemak dalam saluran cerna sehingga lemak yang diserap dapat dikurangi yang pada akhirnya akan menjadi bahan baku kolesterol darah. Biji-bijian. Berbagai nutrisi yang terkandung dalam biji-bijian mempromosikan kesehatan jantung. Contoh makanan yang baik dikonsumsi di antaranya roti gandum, pasta gandum, tepung gandum dan beras merah. Makanan kaya omega-3. Asam lemak Omega-3 dapat membantu menurunkan LDL (Kolesterol Jahat). Beberapa jenis ikan – seperti salmon, mackerel dan herring – merupakan contoh sumber makanan yang kaya akan asam lemak omega-3. Lemak yang sehat. Lemak jenuh, yang ditemukan dalam daging merah dan produk susu, meningkatkan kolesterol total dan low-density lipoprotein (LDL) kolesterol jahat. Oleh karena itu kurangi makanan tersebut, sehingga tidak sampai 7 persen dari total kalori harian. Kemudian beralihlah ke sumber lemak yang lebih sehat dengan cara pilih susu rendah lemak dan makanan mengandung lemak tak jenuh tunggal seperti pada minyak zaitun, kacang dan minyak canola. Hindari lemak trans. Lemak trans dapat ditemukan dalam makanan yang digoreng dan pada banyak produk panggang komersial, seperti cookies, kerupuk, kue ringan, dan goreng-gorengan.
baca juga diet herbal dengan sayuran
Menurunkan berat badan Langkah ini diperlukan bagi mereka yang memiliki berat badan lebih atau bahkan obesitas (cek di kalkulator berat badan apakah Anda kelebihan berat badan). Target kita adalah mencapai berat badan ideal. Hal ini penting karena menurukan berat badan sebanyak 5 sampai 10 persen dapat membantu menurunkan kolesterol secara signifikan. Namun, memang menurunkan berat badan tak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak hambatan dan rintangan sehingga butuh perjuangan .
 Olahraga salah satu cara menurunkan kolesterol adalah dengan berolahraga  Dan untungnya lagi, olah raga sedang dapat membantu meningkatkan high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Lakukan oleh raga setidaknya 30 menit setiap hari. Hal ini juga akan membantu Anda menurunkan berat badan yang juga berperang siginifikan dalam menurunkan kolesterol tinggi. Jenis olah raga yang dapat dilakukan untuk membantu menurunkan kolesterol antara lain jogging, berenang , dan jalan kaki, rutinlah dalam menjalankannya dan mulai rasakan perbedaannya.

Bahan Alami Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi
Selain dengan melakukan berbagai kebiasaan positif diatas konsumsi makanan yang berserat tinggi serta banyak mengandung zat-zat yang berfungsi melawan kolesterol juga memegang peranan penting dalam menurunkan kolesterol jahat dalam tubu kita, beberapa bahan- bahan makanan tersebut antara lain

1.      Oatmeal
2.      Anggur Merah
3.      Omega 3 pada ikan
4.      Kacang-kacangan
5.      Alpukat
6.      Teh hitam
7.      Minyak Zaitun

Selain dengan mengubah pola hidup kita, pola makan dengan mengkonsumsi makanan tertentu, maka ketika kita sudah didiagnosa mengalami kolesterol tinggi maka kita dapat mengkonsumsi obat-obatan herbal untuk mengobati kolesterol, antara lain


Obat kolesterol pertama
Bahan

·                     Daun teh hijau 7 gram
·                     Air panas 1 gelas
Cara Membuat
·                     Seduh daun teh hijau dengan air panas, tutup dan biarkan selama 10 menit.
·                     Minum ramuan herbal teh selagi hangat.


Obat Kolesterol 2
Bahan

·                     Daun salam segar 20 lembar
·                     Air bersih 600 ml
Cara Membuat

·                     Cuci sampai bersih daun salam segar. Setelah itu rebus dengan air bersih, biarkan hingga airnya tersisa 200 ml. Angkat, dinginkan, lalu saring.
·                     Minum herbal kolesterol ini 2 x 1 hari.


Obat Kolesterol 3
Bahan

·                     Bawang putih segar 3 siung
·                     Air hangat 150 ml
Cara membuat

·                     Cuci sampai bersih bawang putih, tumbuk sampai halus. Seduh dengan air hangat.
·                     Minum herbal bawang putih 2 x 1 hari.


Obat Kolesterol 4
Bahan

·                     Buah alpukat masak ½-1½
Cara Membuat

·                     Ambil buah alpukat masak, lalu makan setiap hari. Pengolahan menurut selera masing-masing.


Tanaman Obat Kolesterol 5
Bahan

    Temulawak segar 30 gr
    Sambiloto
    Air bersih 600 ml


Cara Membuat

·                     Cuci sampai bersih herbal sambiloto dan temulawak. Kemudian jemur sampai kering. Kupas temulawak, iris seperlunya. Ambil sambiloto kering sebanyak 15 gr. Setelah itu rebus dengan air bersih, biarkan hingga airnya tersisa 300 ml. Angkat, dinginkan, lalu saring.
·                     Minum ramuan penurun kolesterol 2 x 1 hari secara rutin.




Berikut tadi adalah ulasan singkat mengenai cara-cara alami menurunkan kolesterol, semoga ulasan singkat tadi bermanfaat bagi kita dan jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan kita sehari-hari sehingga kita selalu terhindar dari berbagai macam penyakit yang berbahaya.
Anda sedang membaca postingan dari Blog Resep Herbal Hembing,silahkan share jika anda merasa artikel ini bermanfaat