Diabetes dan Obat Herbalnya

Diabetes dan Obat Herbalnya
Diabetes atau dapat disebut dengan kencing manis atau penyakit gula darah. Salah satu jenis penyakit kronis yang mempunyai tanda awal berupa meningkatnya kadar gula di dalam darah akibat adanya gangguan sistem metabolisme di dalam tubuh.

Diabetes ini tidak dapat disembuhkan namun kadar gula darah dapat dikontrol. Diabetes terjadi karena kurangnya insulin, insulin merupakan zat yang dihasilkan pankreas untuk mengolah zat gula darah (glukosa) sehingga dapat menjadi energi.



Namun makanan yang konsumsi tidak akan menolong, sebab gula di dalam darah tetap tidak dapat diproses menjadi tenaga secara normal, bahkan kadarnya akan terus meningkat. Peristiwa tersebut disebut dengan Hiperglikemia, yaitu penumpukan glukosa yang terjadi di dalam darah.  

Penyakit diabetes mellitus dibagi menjadi 2, yaitu diabetes militus satu, dan diabetes militus 2.

Gejala Penyakit Diabetes Mellitus Tahap Satu

  1. Sering Buang Air Kecil
    Hal ini terjadi karena ginjal ingin membersihkan kelebihan glukosa dalam sirkulasi darah. Anak jadi lebih sering buang air kecil dan dalam jumlah yang besar. Mengompol juga bisa menjadi gejala adanya diabetes, terutama jika sebelumnya anak tak pernah mengompol.
  2. Sering Haus dan Banyak Minum
    Karena banyak cairan yang dikeluarkan, anak menjadi gampang haus.
  3. Berat Badan Menurun
    Tubuh tidak lagi bisa memproses glukosa untuk energi dan mulai memecah otot dan cadangan lemak untuk menghasilkan energi bagi sel-sel yang lapar. Karenanya meski nafsu makan anak normal tetapi berat badannya sulit naik.
  4. Mudah lelah Anak tampak kelelahan karena tubuhnya tidak mampu memproses glukosa untuk energi.

Diabetes tipe 1 umumnya terjadi pada anak-anak dan remaja meskipun pada dasarnya dapat terjadi pada usia berapapun.

Gejala Penyakit Diabetes Melitus Tahap 2

Diabetes tipe 2 yang merupakan tipe yang paling umum dapat terjadi pada usia berapapun dan sering dapat dicegah. Tanda atau gejala diabetes mellitus tipe 2 antra lain

  1.  Berat badan turun dengan cepat
    Ini, disebabkan karena pankreas mulai rusak. Pankreas memiliki tugas memproduksi insulin yang digunakan mengolah glukosa menjadi sumber energi. Karena pankreas pada penderita diabetes gagal mengolah gula menjadi energi, maka terjadilah resistensi insulin. Tubuh kemudian akan mencari sumber energi alternatif dengan membakar cadangan lemak dalam tubuh. Jika cadangan lemak habis, maka sasaran selanjutnya adalah otot. Akibatnya bobot tubuh akan terus menyusut.
  2.  Sering Kesemutan gejala ini terjadi karena pembuluh darah yang rusak, sehingga darah yang mengalir di ujung–ujung saraf pun berkurang.
  3.  Luka yang sulit sembuh
    Ini adalah efek lain dari kerusakan pembuluh darah dan saraf selain kesemutan. Kerusakan ini mengakibatkan penderita diabetes tidak merasakan sakit jika mengalami luka. Mereka bahkan kadang tidak sadar telah terluka. Gabungan kadar gula darah yang tinggi dan tidak adanya rasa nyeri, maka luka yang awalnya kecil dapat membesar menjadi borok dan bahkan membusuk. Jika sudah sampai tahap ini, amputasi merupakan satu-satunya jalan keluar atau solusi untuk menyembuhkannya.


Meskipun diabetes tergolong penyakit yang berbahaya. Namun masih ada obat nya.
Berikut adalah resep herbal dari profesor Hembing, yang dipercaya ampuh mengobati dan menyembuhkan diabetes

  •     Ambil daun brotowali sebanyak 6cm atau kurang lebih ¾ jari , 1/3 genggam daun sambiroto,1/3 genggam daun kumis kucing.
    Rebus bahan bahan diatas dengan 3 gelas air, rebus hingga tersisa 2 gelas.
    Dinginkan , minum ramuan tersebut setelah makan, sehari 2 kali sebanyak 1 gelas.
  •    7 lembar daun salam dicuci bersih lalu direbus dengan 3 gelas air , sampai tersisa satu gelas.
    Setelah dingin disaring, dibagi untuk 2 kali minum
  •   Tumbuhan ciplukan yang sudah berbuah dicabut beserta akar-akarnya dan dibersihkan, layukan ciplukan tadi dan rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring.minum ramuan tersebut 1 kali sehari.

Demikianlah, resep herbal dari profesor Hembing, untuk mengobati penyakit diabetes mellitus, semoga resep herbal di atas dapat bermanfaat bagi penderita diabetes mellitus, selain dengan meminum resep herbal diatas  seyogyanya kita juga mengubah pola makan kita, hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung gula,
Karena walau bagaimanapun juga mencegah lebih baik daripada mengobati.
Anda sedang membaca postingan dari Blog Resep Herbal Hembing,silahkan share jika anda merasa artikel ini bermanfaat