Apa Itu Diet?

mengenal lebih dekat diet
Pengertian diet berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia adalah aturan makanan khusus untuk kesehatan dan biasanya dilakukan atas petunjuk dokter atau konsultan. Secara umum diet bermakna sebuah usaha untuk menurunkan berat badan dengan mengatur pola makanan dan mengatur asupan nutrisi tertentu.
Ada pengertian diet lainnya gak? Ada dong. Banyak banget pengertian diet diantaranya, diet itu kegiatan membatasi nutrisi ke dalam tubuh dengan sengaja, dengan tujuan menguruskan bentuk tubuh. Bingung? Hehehe, pokoknya garis besarnya diet adalah usaha menurunkan berat badan
dengan berbagai cara, seperti puasa, menjadi vegetarian, dan mengatur pola makan.

Nah, itu tadi pengertian diet sudah dijelaskan diatas. Lalu seperti apakah bentuk diet itu?
Secara garis besar, ada dua bentuk diet. Keduanya ini bergantung pada banyaknya ilmu atau informasi yang diperoleh perilaku diet, seperti jumlah kalori per makanan, gaya hidup, pemilihan makanan, pembatasan makanan, metode diet yang terbukti dan mitos yang berkembang soal diet. Nah kedua macam bentuk diet tadi adalah diet sehat dan diet tidak sehat.

Diet Sehat
Bentuk diet sehat ditunjukkan dengan peubahan perilaku konsumsi makanan dan aktifitas ke arah yang lebih sehat disbanding sebelumnya. Contoh diet sehat seperti mengkonsumsi makanan rendah kalori, rendah lemak, dan mengubah diri menjadi aktif.
Diet sehat dijalankan melalui pengurangan asumsi kalori ke dalam tubuh tapi dengan cara memperhatikan angka kebutuhan kalori tubuh harian berdasar penunjang gizi seimbang yang disarankan oleh dokter atau konsultan kesehatan anda. Cara diet sehat ini memang agak sedikit ribet, karena anda harus menghapalkan beberapa jenis kalori untuk tiap jenis makanan.

Berikut saya akan membagikan beberapa tips mengenai resep pola makan diet sehat agar asupan nutrisi anda seimbang.


  • Konsumsi variasi buah-buahan dan sayuran setidaknya 5 porsi sehari.
  • Pilihlah makanan berkabohidrat yang memiliki serat tinggi seperti roti, pasta, sereal, dan kentang. Untuk  makanan pokok Indonesia yaitu nasi hanya memiliki kandungan serat yang sedikit. Maka dari itu sebaiknya banyak ditambahkan sayur hijau yang berserat tinggi
  • Pilih lauk yang rendah lemak.Tempe dan tahu contohnya, untuk daging dan ikan sebaiknya konsumsi secara sedang.
  • Jika minum susu pilihlah yang low fat
  • Hindari sebisa mungkin untuk makan cemilan. Apapun pola diet anda, jika tetap konsumsi cemilan maka habislah impian bentuk ideal tubuh anda.

Diet tidak sehat
Diet yang tidak sehat adalah kebalikan dari diet sehat. Apa benar? Hmmm, bisa jadi. Karena pola diet tidak sehat juga menjaga pola makan, namu perilaku makannya salah. Pelaku diet ini memaksa tubuh untuk tidak makan dalam waktu yang panjang. Seperti puasa tetapi jendela waktu buka dan sahurnya tidak sesuai aturan agama. Melewatkan waktu makan dengan sengaja, penggunaan obat penurun berat badan tanpa resep dokter atau konsultan.
Efek dari diet tidak sehat sangatlah buruk, sangatlah mungkin orang yang menjalani diet tidak sehat akan menjalani gangguan pola makan. Akibatnya bisa pada anorexia nervosa dan bulmia nervosa, yaitu kondisi pelaku diet yang sangat menginginkan bentuk tubuh selalu kurus dengan menelan makanan dn kemudian memuntahkannya lagi, dan juga berolahraga melebihi kapasitasnya sampai hampir pingsan. Efek fatal diet tidak sehat ini berujung pada kematian.
Nah, itu tadi ulasan singkat mengenai diet. Baca juga artikel tentang macam-macamjenis diet alami dan tips diet untuk mendapatkan bentuk tubuh yang anda impikan.
Anda sedang membaca postingan dari Blog Resep Herbal Hembing,silahkan share jika anda merasa artikel ini bermanfaat