Mengenal Manfaat dan Fungsi Vitamin C Bagi Tubuh Kita

Manfaaat Vitamin C Bagi Tubuh Kita
Vitamin c atau atau dikenal dengan asam askorbat ini mempunyai peran yang penting dalam pembentukan kolagen yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu penyerapan zat besi.
Beberapa studi dan penelitian mengungkapkan fungsi vitamin c dalam menurunkan kadar kolesterol dan memproduksi bahan kimia tertentu pada otak.selain itu, tingginya kandungan antioksidan pada vitamin c juga dapat menangkal radikal bebas yang merusak sel-sel dalam tubuh.

Manfaat vitamin c untuk kulit dan perawatan wajah antara lain sebagai berikut:


  • Mencerahkan kulit, membuat kulit sehat dan bercahaya
  • Memperbaiki kondisi kulit yang kusam dan pucat
  • Melindungi kulit dari radikal bebas
  • Menekan proses pigmentasi akibat pengaruh uv b
  • Meningkatkan sintetis kolagen
  • Sebagai anti oksidan
  • Memproduksi kolagen
  • Mengurangi garis halus dan kerutan pada kulit
Manfaat vitamin c bagi tubuh

Dari sekian banyak manfaat vitamin c yang telah dijabarkan, ternyata masih banyak lagi manfaat dari vitamin c yang belum terungkap, antara lain:
  • Mencegah stroke
    Ada banyak bukti bahwa diet tinggi antioksidan yang kaya buah dan sayuran membantu menangkal penyakit kardiovaskular. Namun beberapa studi penting menunjukkan bahwa mereka dengan tingkat tertinggi vitamin c dalam tubuh mereka, berada pada resiko terendah untuk menderita stroke (terutama pada wanita).Baca juga: gejalapenyakit stroke dan penyebabnya
  • Melawan kanker
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa beberapa wanita yang mengasup banyak vitamin c dari makanan seperti buah-buahan atau sayur (bukan suplemen), memiliki resiko lebih rendah terkena kanker payudara. Bahkan beberapa riset mengindikasikan vitamin c sebagai racun bagi sel-sel kanker tertentu.
  • Meningkatkan mood
    Sejak dulu diketahui bahwa kekurangan vitamin c dapat menyebabkan perubahan psikologis. Belum lama ini, penelitian dari Mcgill Universiti menunjukkan bahwa pemberian suplemen vitamin c (500mg dua kali sehari) bagi pasien rawat inap yang kekurangan vitamin c, secara signifikan membantu meningkatkan suasana hati mereka.
  • Mengobati infeksi vagina
    Infeksi vagina merupakan penyebab paling umum dari keputihan dan biasanya menimbulkan bau tidak sedap, yang mempengaruhi hingga 30% wanita hamil dan sepersepuluh wanita yang tidak hamil. Dua studi terbaru menunjukkan bahwa pemberian vitamin c tablet untuk vagina (250mg selama enam hari) dapat mengobati bacterial vaginosis dengan cara menurunkan pH vagina dan mengembalikan ke kondisi semula.
  • Memperbaiki kulit
    Vitamin c adalah antioksidan yang paling banyak dibutuhkan oleh kulit, dimana ia membantu menetralkan radikal bebas yang menumpuk akibat paparan sinar matahari dan usia.
Dosis harian vitamin c
Angka vitamin c yang direkomendasikan sebenarnya masih menjadi perdebatan dan bervariasi pada setiap negara. Badan kesehatan dunia (who) misalnya menetapkan hanya 45 mg per hari, Food Standar Agency di Inggris sebesar 40 mg per hari, dan National Academy of Sciences di Amerika Serikat antara 60-95 mg per har. Di AS, jumlah asupan maksimal yang masih dapat di toleransi adalah 2000 mg per hari.


Sumber vitamin c
Sumber terbaik vitamin c berasal dari buah segar, sayuran dan jus. Setengah cangkir (125ml) jus jeruk mengandung sekitar 50 mg vitamin c.
Selain jeruk, anda juga bisa mendapatkan sumber vitamin c lainnya dari buah kiwi,stroberi,paprika, dan sayuran brassica seperti brokolui dan kubis.
Baca selengkapnya mengenai sumber vitamin c dalam artikel Buah-buahan yang mengandungvitamin c dan macam-macam sayuran sumber vitamin c

Anda sedang membaca postingan dari Blog Resep Herbal Hembing,silahkan share jika anda merasa artikel ini bermanfaat