Mengenal Penyakit Stroke dan Cara Pencegahannya

Penyakit Stroke dan Cara Pencegahannya
Mengenal penyakit stroke, mulai dari gejala, penyebab dan cara pencegahan. Apa itu stroke? Stroke adalah serangan otak yang timbulnya mendadak akibat tersumbat atau pecahnya pembuluh darah otak. Dengan kata lain penyakit stroke ini merupakan penyakit pembuluh darah otak (serebrovaskuler) yang ditandai dengan kematian jaringan otak (infark serebral) hal ini disebabkan karena adanya penyumbatan, penyempitan atau pecahnya pembuluh darah menuju otak sehingga pasokan darah dan oksigen ke otak berkurang dan menimbulkan serangkaian reaksi biokimia yang akan merusakkan dan mematikan sel-sel syaraf otak.

Jumlah penderita stroke di Indonesia semakin meningkat tiap tahunnya. Pada akhir tahun 2012 lalu, sebuah lembaga mencatat telah terjadi sekitar 500.000 kasus penderita stroke dengan angka 12.500 orang meninggal akibat penyakit tersebut. Sementara sisanya mengalami cacat, baik ringan maupun berat. Karena itu pengobatan awal serta pencegahan menjadi peran penting dalam memerangi stroke.

Penyebab penyakit stroke

Ada dua faktor yang merupakan penyebab stroke yaitu resiko medis dan resiko perilaku
Faktor resiko medis
Faktor resiko medis yang menyebabkan atau memperparah stroke antara lain hipertensi, kolesterol, arteriosklirosis, gangguan jantung, diabetes, riwayat stroke, dalam keluarga (faktor keturunan) dan migraine (sakit kepala sebelah).menurut data statistik 80% pemicu stroke adalah hipertensi dan arteriosklirosis.
Faktor resiko perilaku
Faktor resiko perilaku disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok, mengkonsumsi minuman bersoda dan beralkohol gemar mengkonsumsi makanan cepat saji. Faktor resiko perilaku lainnya adalah kurang aktifitas gerak/olahraga dan obesitas. Salah satu pemicunya juga adalah suasana hati yang tidak nyaman seperti sering marah tanpa alasan yang jelas.

Gejala serangan stroke 

Pada tingkat awal, masyarakat, keluarga dan setiap orang harus memperoleh informasi yang jelas dan meyakinkan bahwa stroke adalah serangan otak yang sederhana mempunyai tanda-tanda utama yang harus dimengerti dan sangat dipahami. Hal ini sangat penting agar semua orang mempunyai kewaspadaan yang tinggi terhadap bahaya serangan stroke.

Tanda-tanda utama serangan stroke :

  • Rasa bebal atau mati mendadak atau kehilangan rasa dan lemas pada muka, tangan atau kaki, terutama pada satu bagian tubuh saja
  • Rasa bingung yang mendadak, sulit bicara atau sulit mengerti
  • Satu mata atau kedua mata mendadak kabur
  • Mendadak sukar sukar berjalan, terhuyung dan kehilangan keseimbangan
  • Mendadak merasa pusing dan sakit kepala tanpa diketahui sebab musababnya

Selain itu harus dijelaskan pula kemungkinan munculnya tanda-tanda ikutan lain yang bisa timbul dan atau harus diwaspadai, yaitu :

  1. Rasa mual, panas dan sang sering muntah-muntah
  2. Rasa pingsan mendadak, atau merasa hilang kesadaran secara mendadak

Cara mencegah penyakit stroke

Adapun untuk menghindari stroke seseorang bisa melakukan pencegahan termasuk membiasakan diri menjalani gaya hidup sehat.
Berikut adalah beberapa langkah yang dapat anda lakukan guna menghindarkan dari serangan stroke.

  1. Hindari dan hentikan kebiasaan merokok
    Kebiasaan ini dapat menyebabkan pengerasan dinding pembuluh darah dan membuat darah anda menjadi mudah menggumpal.
  2. Periksa tensi darah secara rutin
    Tekanan darah yang tinggi bisa membuat pembuluh darah mengalami tekanan ekstra, walaupun tidak menunjukkan gejala, cek lah tensi darah secara teratur
  3. Kendalikan penyakit jantung
    Kalau anda memiliki gejala atau gangguan jantung seperti detak yang tidak teratur, atau kadar kolesterol yang tinggi, berhati-hatilah karena hal itu akan meningkatkan resiko terjadinya stroke
  4. Atasi dan kendalikan stress dan depresi
    Stress dapat mengganggu bahkan menimbulkan korban fisik. Jika tidak teratasi, dua hal ini pun dapat menimbulkan problem jangka panjang.
  5. Makanlah dengan sehat
    Dengan mengkonsumsi makanan yang berimbang dapat menghindarkan dari gangguan kesehatan yang kemungkinan muncul
  6. Kurangi garam
    Karena garam akan mengikatkan tekanan darah
  7. Pantau berat badan anda
    Memiliki badan gemuk atau obesitas akan meningkatkan resiko anda mengalami tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes, dan semuanya dapat memicu terjadinya stroke.
  8. Rajin berolahraga
    Melakukan aktivitas fisik secara teratur membantu anda menurunkan tensi darah dan menciptakan keseimbangan lemak yang sehat dalam darah.
  9. Kurangi konsumsi alkohol
    Meminum alkohol dapat menaikkan tensi darah, oleh karena itu menguranginya berarti menghindarkan anda dari tekanan darah tinggi.
Anda sedang membaca postingan dari Blog Resep Herbal Hembing,silahkan share jika anda merasa artikel ini bermanfaat